Antena Cerdas pada BTS GSM

ABSTRAK

Antena cerdas didesain untuk mengoptimalkan kinerja pada komunikasi nirkabel. Kebutuhan akan QoSyang lebih baik dan efisiensi kinerja dari sebuah peralatan komunikasi semakin dibutuhkan akibat besarnya pengguna komunikasi nirkabel. Salah satunya pengguna komunikasi seluler, dengan makin besarnya trafik dan kebutuhan QoS yang lebih baik antena cerdas hadir untuk memberikan sinyal yang baik pada pengguna. Kecerdasan antena ini dikarenakan antena yang tersusun lebih dari satu elemen tetapi 8 elemen antena array yang adaptif yang menghasilkan “penjumlahan” sinyal radiasi masing-masing elemen, sehingga dihasilkan pola beam yang diinginkan yaitu mengarah ke MS tujuan.

Lanjutkan membaca Antena Cerdas pada BTS GSM

Ice Berg

Tau ga arti dari gambar di atas apa?

Dari beberapa referensi yang saya dengar, saya baca, saya lihat yang bilangnya (maksudnya dari seminar-seminar pengembangan diri) … menyatakan bahwa sebetulnya sifat orang yang kita lihat tuh sebetulnya 10% yang terlihat saja, 90%nya seperti gunung es (liat aja di gambar)…jadi klo kita lewati lautan yang ada gunung esnya…meski terlihat rendah gunung esnya…lalu kita coba sedikit sombong bahwa gunung es itu tidak akan membuat perjalanan kita terganggu…o..oh..Anda ternyata salah persepsi bahwa sesungguhnya es itu mempunyai hidden depths power yang besarnya sebesar 90% dari diri dia yang terlihat…begitu pula kita…jangan pernah judge orang by it’s cover,coz dia yang terlihat banyak kelemahan ternyata mempunyai kelebihan yang tak terlihat (dan kelebihan itu banyak sekali)…seseorang pernah bilang ke saya, beliau bilang..

“Saat kau menerima seseorang itu apa adanya dia sekarang, yakinlah nanti dia akan mengeluarkan yang terbaik dari dirinya”

to be continue…

APLIKASI WIMAX DAN 3G UNTUK PORTABLE / MOBILE JALUR WIRELESS

UNTUK PORTABLE / MOBILE JALUR WIRELESS

WiMAX to work with general principle like WiFi, that is with to send data and information from one computer to otherwise computer. WiMAX can handle transmition to arrive 70 megabits per second and that in pieces deep hundred several home user. So, WiMAX to give quality equal with speed transfer cable modem for transfer to every user and have a big potency for broadband Internet access like cell phones for access phone.
WiMAX is very potencial for to cover a extension district and WiMAX can for use to rise a communication stock system or what is more important as will complicated for to smash 1 (one) at once attack. WiMAX protocol pointed stick for accommodation data transfer as difference. WiMAX have a potencial for to let disappear ”blackout” (area is not attainable) in the town to the side and village as now haven’t broadband Internet access because any some phone industry and cable industry not yet have a network for attain that area. WiMAX to represent in the future from wireless Internet.

I. PENDAHULUAN
Umumnya ada 3 (tiga) pilihan cara untuk mengakses Internet, yaitu :
1. Broadband access, misalnya :
– Di rumah menggunakan DSL atau cable-modem.
– Di perusahaan menggunakan T1 atau T3 line.
2. WiFi access, misalnya :
– Di rumah meng-set up WiFi router yang bisa membuat surfing Internet saat di balkon dengan memakai laptop.
– Di jalanan, bisa menemukan WiFi hot-spots di kampus, rumah makan, hotel, warung kopi, mall, dan perpustakaan.
3. Dial-up access, misalnya :
– Apabila masih menggunakan dial-up, kemungkinan karena broadband access tidak tersedia serta penggunaanya yang terlalu mahal.

Masalah utama menggunakan broadband access adalah broadband access cukup mahal dan tidak mencakup seluruh wilayah. Sedangkan masalah utama WiFi access adalah lingkup hot-spots sangat kecil, sehingga wilayah cakupannya juga kecil. Lalu, apakah ada teknologi yang dapat memecahkan semua masalah itu? Di mana teknologi tersebut dapat memberikan fasilitas seperti : high speed broadband service (akses yang lebih cepat), wireless (tanpa kabel) karena lebih murah dan lebih mudah memperluas daerah jangkauan dari pinggiran kota sampai daerah pedalaman, dan broad coverage (daerah jangkauan yang luas) seperti jaringan pada telepon genggam.
Sebenarnya, saat ini sudah dikembangkan teknologi yang memberikan fasilitas seperti di atas, yaitu WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) yang memiliki nama IEEE dengan tag nama 802.16. WiMAX mempunyai potensial besar untuk broadband Internet access seperti telepon gengam untuk melakukan akses telepon. WiMAX bisa menggantikan cable dan DSL services, menyediakan universal Internet access di manapun Anda berada. WiMAX sifatnya semudah WiFi, yaitu dengan menyalakan komputer akan langsung otomatis terkoneksi ke WiMAX antena terdekat. Dalam cara kerja WiMax punya prinsip umum seperti WiFi, yaitu dalam mengirim data atau informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya lewat sinyal radio. Komputer (desktop atau laptop) yang dilengkapi dengan WiMAX menerima data dari stasiun transmisi WiMAX, yang menggunakan encrypted data keys untuk mencegah unauthorized users dari pencurian akses.
WiFi connection tercepat bisa men-transmit sampai 54 megabits per second dalam kondisi optimal. Sedang WiMAX dapat meng-handle sampai 70 megabits per second. Bahkan 70 megabits bisa dipecah lagi menjadi beberapa ratus home user yang memberikan kualitas setara dengan kecepatan transfer cable-modem untuk transfer ke setiap user. Tetapi, masalah terbesar bukan dikecepatan melainkan jarak. Jarak WiMAX bisa sampai beberapa mil. Jika jarak WiFi sekitar 100 feet (30 m), maka jarak WiMAX sekitar radius 30 mil (50 km) dengan wireless access. Peningkatan jarak tersebut karena frekuensi yang digunakan dan power dari transmitter. Yang perlu diingat, kondisi wilayah, cuaca, dan bangunan tinggi mempengaruhi pengurangan jarak maksimum. Jadi, WiMAX sangat potensial meng-cover wilayah yang luas.

Lanjutkan membaca APLIKASI WIMAX DAN 3G UNTUK PORTABLE / MOBILE JALUR WIRELESS

Antena Cerdas (Smart Antenna)

Dari www.wikipedia.org/wiki/smartantenna/

Saya coba terjemahkan dengan bahasa saya sendiri, semoga bermanfaat

Antena Cerdas

Antena Cerdas atau Smart Antenna (bisa dikenal sebagai antenna array adaptive, antena multiple dan akhir-akhir ini biasa dikenal sebagai MIMO) adalah antena array dengan algoritma sinyal prosesing cerdas digunakan untuk mengenali tanda sinyal spasial seperti DOA (Direction of Arrival) dari sebuah sinyal, dan digunakan untuk mengkalkulasikan (memperhitungkan) vektor beamforming, untuk mengenali lokasi dari beam suatu antena pada keadaan mobile/bergerak serta terdapat sensor pada antena ini.

Teknik antena cerdas biasanya digunakan pada prosesing sinyal akustik, memantau dan memindai RADAR, radio astronomi, dan radio teleskop, dan lebih banyak digunakan pada sistem seluler seperti W-CDMA dan UMTS.

Fungsi utama antena cerdas ada dua yaitu:

1. Perkiraan (estimasi) DOA

2. Beamforming

Di 2008, United States National Telecommunications and Information Administration memulai sebuah percobaan utama untuk persuade consumer dalam purchase box konverter televisi digital. Melalui this effort, banyak orang telah terekspos pada konsep dari antena cerdas untuk pertama kalinya. Pada konteks konsumen elektronik, sebuah antena cerdas adalah salah satu yang conforms pada interface standar EIA/CEA-909, seperti model DTA-5000 yang dipasarkan oleh Sylvania.

Estimasi DOA

Sistem antena cerdas yaitu memperkirakan arah kedatangan dari sebuah sinyal, menggunakan teknik-teknik berikut seperti: MUSIC (Multiple Signal Classification), algoritma ESPRIT (Estimation of Signal Parameters via Rotational Invariant Techniques), metode pensil matriks atau salah satu dari turunan-turunan teknik tersebut. Fungsi dari teknik-teknik tersebut adalah mencari spektrum spasial dari sebuah antena/sensor array, dan menghitung DOA dari puncak spektrum. Perhitungan ini secara intensif terkomputerisasi. Metode pensil matriks sendiri sangat efisien untuk penggunaan sistem real time.

Beamforming

Beamforming adalah sebuah metode yang digunakan untuk membuat pola radiasi dari antena array dengan cara menambahkan konstruksi dari phasa sebuah sinyal pada arah target yang menginginkan bergerak, dan nulling poladari target yang interfering target. Hal ini dapat dikerjakan dengan baik dengan menggunakan FIR sederhana yang tapped jalur delay filter. Besar dari filter FIR akan terganti secara adaptive, dan digunakan untuk menyediakan beamforming yang optimal, dan mengurangi MMSE antara yang diinginkan dengan pola beam yang terbentuk. Jenis algoritma-algoritma ini adalah steepest descent dan algoritma LMS.

Tipe Antena Cerdas

Ada dua tipe antena cerdas:

1. Switched beam smart antennas

Mempunyai beberapa pola beam yang telah pasti. Sebuah keputusan dibuat untuk mengakses pada titik manapun pada suatu waktu, tergantung juga dari permintaan sistem (kebutuhan sistem).

2. Adaptive array smart antennas

Antena ini memperbolehkan steer the beam ke arah manapun pada arah yang diinginkan di saat nulling interferensi sinyal secara simultan.

Sistem antena cerdas mendefinisikan sebuah sistem MIMO, seperti pada standar IEEE 802.11n. Secara konvensional, sebuah antena cerdas adalah sebuah unit dari sistem komunikasi nirkabel dan menunjukkan prosesing sinyal spasial dengan multiple antena. Multiple antena tidak dapat digunakan pada transmitter juga receiver. Tetapi saat ini, teknologinya lebih berkembang, sekarang dengan multiple antena dapat digunakan di transmitter dan di receiver, sistem ini dinamakan multiple input – multiple output (MIMO). Sebagai dari perlebaran aplikasi antena cerdas, MIMO mendukung pemprosesan informasi spasial, jikalau dahulu antena cerdas hanya memfokuskan dalam penyediaan keuntungan dari beamforming dengan menggunakan pemprosesan sinyal spasial di kanal nirkabel. Pemprosesan sinyal spasial terdiri dari pengkodean informasi spasial seperti multiplexing spasial dan Kode diversity seperti halnya beamforming.

A little story about me and today

si PO yang terlihat bisa saja tetapi menyimpanp personal yang luar biasa...kita juga bisa loh...nothing is impossible
si PO yang terlihat biasa saja tetapi menyimpan personal yang luar biasa...kita juga bisa loh...nothing is impossible

nama saya…hmmmnf i think i’ll gonna tell about my self in english,,ga keberatan kan?

ok. my name is Dhini Puspitasari….panggilan di kampus Badien (halah katanya mau in english kumaha si?teu konsisten pisan…dasar penyakit)

lagi di tingkat 3 mahasiswi teknik telekomunikasi POLBAN

lagi nyusun TA….aduh semangatnya kendor lagi euy mau ngerjain TA,,,but BismiLLah aku bisa lulus tepat waktu dan sidang tepat waktu (Amiiin…just believe….)

aku termasuk orang yang easy going, kind of person yang open mind…really open mind….just try it…try to chatwith me with anything topic…insya Alloh bakal nyambung….hehehe (Astagfirlloh…bukan maksud nyombong loh…ga sama sekali)

aku tuh tipe kind of person yang banyak keinginan,full of dreams (termasuk salah satu sang pemimpi), punya banyak kesukaan dalam hidup, a lot of things to love, menyukai banyak hal, terutama books, musics and movies.

Sebetulnya udah lama banget pengen bikin
blog buat sendiri….nyeritain semua yang terjadi selama 1 hari ini….

ngomong nyeritain 1 hari aku ngejalanin cerita kehidupan ini…ga banyak yang terjadi…aku cuma nonton film kungfu panda-tadi siang…truz abis ashar pergi ke BORMA buat beliin temen shaker…beli durian montong yang harganya lumayan murah lah untuk 1 porsi = rp.10.000,00/pack (lumayan lah buat dimakan sendiri…cukup kenyang…untuk mengisi kelaparan semenjak siang)….terus nyobain warnet di pinggir jalan setiabudi sebelah setiabudi tours and travel….ternyata ga enak mouse di room 2 rada BT sih tapi gapapa yang penting pas browsing aku dapet ilme baru (alhamdulillah…perlu loh mensyukuri apa yang kamu dapetin even sekecil apapun…karena dengan bersyukur kita dikasih lebih sama Alloh…insya Alloh),,,abis1jam aku pulang dan masuk lagi warnet sebelah gang kosan ambil paket yang 3 jam….and bikin blog…tulisblog…sunting blog….liat blognya pak BR…

ada 1pelajaran lagi yang aku dapetin hari ini

aku suka kata di film kungfu panda….there’s no secret recipe…the important is u just to believe it…

ya ….u just to believe to your dreams will come true….u just to believe that u’re an amazing person

personal yang luar biasa…nothing is impossible….

ada lagi yang bikin aku semangat bikin laporan TA adalah kata-kata ini

tommorrow is mystery

yesterday is history

but today is a gift

ayo semangat ngerjain laporan TA

dahsyatkan diri dan salam sukses selalu

hi,this my blog

perkenalkan nama saya dhini

just wanna say …. ini blog aku,sebetulnya udah ada sih blog aku yang lain, hanya aja tujuan dari blog yang lama beda sama yang ini

klo yang ini aku khususin buat nyeritain all about my day…apa aja yang buat aku menarik dalam hari-hari yang aku lalui

klo dari film kungfu panda (ceritanya baru aja nonton kungfu panda, even file udah lama ke-save di local disc d komputer aku….baru dapet mood-nya tadi buat nonton the whole this story) ada pesen

yesterday is history

tommorrow is mistery

and today is gift

Love to share…Love to Inform..love to Travel