Suntik Vaksin Meningitis dan Vaksin Influenza

Vaksin meningitis adalah vaksin untuk kekebalan tubuh terhadap penyakit selaput otak  atau radang membran pelindung sistem syaraf pusat. Meningitis adalah penyakit serius karena letaknya dekat otak dan tulang belakang, sehingga dapat menyebabkan kerusakan kendali gerak, pikiran, bahkan kematian.  Infeksi meningitis menyebabkan inflamasi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Vaksin ini wajib dilakukan bagi orang yang hendak berniat haji atau umroh. Karena semenjak 2002 Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mewajibkan vaksin tersebut untuk seluruh jamaah dari negara mana pun, baik yang endemik maupun tidak. Di Negara bagian tertentu atau yang termasuk ke dalam Daerah “sabuk meningitis” yang terbentang di Afrika, yaitu dari Senegal di barat ke Ethiopia di timur. Daerah sabuk meningitis ini ditinggali kurang lebih 300 juta manusia. Pada 1996 terjadi wabah meningitis di mana 250.000 orang menderita meningitis dengan 25.000 korban jiwa.

Vaksin meningitis sendiri bisa di lakukan di KKP bandara atau pelabuhan kota anda.

Bila kalian yang berada di sekitar Jakarta dan ingin melakukan vaksin. Bisa dilakukan di Bandara Soekarno Hatta Dan Pelabuhan Tanjung Priok. Di Bandara soetta sendiri dilakukan di medika kesehatan soetta yang lokasinya di area perkantoran bandara persis belakang kantor pos atau dekat masjid Bandara Soetta (dekat Terminal 1A).

Cara menuju lokasi tempat vaksin meningitis:

1. Menggunakan kendaraan pribadi.

2. Menggunakan kendaraan umum: Taksi, Ojek atau Bis Damri.

Untuk Bis Damri sendiri lebih gampang karena bila dulu bis ini melewati area perkantoran bandara. Namun tidak sekarang, tapi jangan khawatir karena cukup bilang pak supir yang sedang mengendarai dan minta turun dekat medika atau dekat area perkantoran bandara untuk keperluan vaksin. Nanti pak supir dengan senang hati memberitahu dan menurunkan dekat area tersebut.

Berikut jadwal keberangkatan bis damri dari arah Gambir

20150309_084453

Syarat-syarat vaksinasi :

1. Fotokopi Paspor 1 lembar

2. Pas Foto berwarna 4×6 1 lembar

3. Mengisi formulir Vaksinasi (diisi di kantor KKP)

Saran dalam mendaftar untuk keperluan vaksin ini :

1. Datang lebih awal

Di KKP ini aturan pelayanannya first come first serve, jadi Jika anda sibuk atau terburu-buru ingin cepat dilayani dan tidak banyak menunggu, baiknya Anda datang lebih awal. Nomor antrian di KKP Soetta sendiri dibatasi perhari 250 tiket antrian.

KKP Bandara Soekarno Hatta sendiri buka dari jam 8 pagi – 4 Sore setiap hari Senin-Jumat.

Jadwal Pelayanan Vaksinasi di KKP Bandara Soekarno – Hatta :

Senin – Kamis : 08.30 – 16.00

Istirahat : 12.00 – 13.00

Jumat : 08.30 – 16.30

Istirahat : 11.30 – 13.30

Harga Vaksinasi di 2015 sendiri :

Yellow Fever : 300000

Meningitis : 305000

Influenza : 170000

Untuk Semua vaksin dibayar di loket, khusus untuk vaksin influenza pembayaran dilakukan di ruang koperasi tepat di depan ruangan vaksinasi (sebelah toilet)

Berikut untuk lebih jelasnya :

Bill Vaksin

2. Membawa Pulpen Pribadi

Karena banyak sekali yang melakukan vaksinasi ini, baiknya membawa pulpen sendiri agar tidak ribet.

Berikut alur dan informasi di KKP Soetta (maaf kurang fokus dalam pengambilan foto).

info vaksin KKP Soetta

Pengalaman writer sendiri, dalam mengantri dan mendaftar kemudian vaksin, Alhamdulillah sangat dimudahkan dan bisa dibilang sangat sebentar, mulai mengisi formulir dari jam 10.15 hingga vaksin dan menunggu hingga kartunya jadi selesai sekitar 11.50 . Dan saat itu writer mendapatkan antrian di nomor 152.

antrian KKP

pada International Vaccination yang nanti akan didapat, berisi informasi kapan kita mulai vaksinasi dan tahun validasi dari vaksin tersebut.

Sertifikat vaksinasi berbentuk buku warna kuning, di halaman depan tertulis nama dan nomor passport, juga logo WHO dan barcode. pas foto kita ditempel di halaman 2. di halaman 3 -11 adalah list vaksin yang kita ambil, disitu ditulis identitas jenis vaksinasi yang diambil dan stempel otoritas yang berwenang. Untuk vaksinasi Yellow Fever ini berlakunya sampai 10 tahun, sehingga disarankan untuk memfotokopi  halaman 1, 2 dan 3 (dan halaman lain jika ada vaksinasi lain yang masa berlakunya lama).

International Vaccination Certificate

Untuk Vaksin Meningitis sendiri validasinya selama 2 tahun, untuk influenza lebih singkat yaitu 1 tahun.

Vaksin Meningitis baiknya dilakukan minimal 2 minggu sebelum keberangkatan, karena vaksin ini mulai aktif membentuk kekebalan setelah 2 minggu vaksinasi.

Tips Melakukan Vaksinasi :

1. Menyiapkan semua dokumen (dokumen sudah distaples atau dipaper clip rapih) termasuk membawa pulpen sendiri.

2. Datang lebih awal, karena sistem first come first serve.

3. Untuk wanita berjilbab baiknya memakai pakaian yang gampang untuk vaksinasi, karena penyuntikannya dilakukan di bagian lengan sebelah kiri.

Jika tidak ada, disediakan bilik kecil untuk membuka sebagian baju yang dikenakan untuk dilakukan penyuntikan.

4. senyum ke setiap petugas dan sabar. 🙂

FAQ yang sering timbul :

1. Kenapa yang perempuan ditanya terakhir mens/ditanya tanggal awal mens terakhir?

karena dikhawatirkan hamil saat melakukan vaksin ini, bila ragu apakah dalam kondisi hamil atau, akan dilakukan tes HCG terlebih dahulu (di situ ada ruang lab tersendiri untuk pemeriksaan ini).

vaksinasi meningitis sendiri tidak boleh diberikan kepada ibu hamil, karena dapat menyebabkan kecacatan dan kematian bagi janinnya

2. kepada siapa saja vaksin ini tidak boleh diberikan selain kepada wanita hamil?

  • Tidak tepat diberikan untuk bayi berusia kurang dari dua bulan.
  • Jika diberikan pada orang dewasa dan anak-anak berusia lebih dari lima tahun, vaksin ini akan memberikan perlindungan dari meningitis selama lima tahun.
  • Untuk anak di bawah usia lima tahun, vaksinasi akan memberikan perlindungan selama 2–3 tahun. Namun pemberian pada balita usia dua bulan hingga tiga tahun harus diikuti dengan pemberian vaksin kedua pada tiga bulan setelahnya.

3. Efek sampingnya ?

Efek samping yang parah setelah pemberian vaksin ini sangat jarang terjadi. Sekitar 10 persen orang yang mendapat vaksin ini mengalami nyeri dan kulit kemerahan yang umumnya akan hilang dalam 1-2 hari. Sementara anak-anak terkadang mengalami demam.

4. Selain di KKP Soetta, dimana lagi ya?

Alamat Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk Suntik Vaksin Meningitis

(dapat di peroleh pada hari kerja, Senin s/d Jum’at)
  1. KKP Bandara Soekarno Hata, Cengkareng Telp. 5502277 (susah ditelepon, malah nyambung ke mesin fax)
  2. KKP Bandara Halim Perdana Kusuma Telp. 8000166 (susah ditelepon)
  3. KKP Pelabuhan Tanjung Priuk Telp. 43931045
  4. KKP Pelabuhan Merak, Banten Telp. 0254-571083
  5. Serta di Seluruh Kantor Bandara-Bandara Besar/Internasional di Seluruh Indonesia.

14 thoughts on “Suntik Vaksin Meningitis dan Vaksin Influenza”

  1. Assalamualaikum mb dini, di soetta antriannya gak begitu padat ya? krn aku juga mau suntik meningitis tp aku dpt infonya, bisa suntiknya hanya di halim dan Tanjung priok.

  2. waalaikumusalam evi, kemarin tidak padat Alhamdulillah. Enggak kok di Soetta bisa. Kesana aja. Semoga dilancarkan ya urusannya.

  3. Assalamualaikum….terima kasih awalnya kepada mbak Dhini yang sharing infonya sangat bermanfaat…………….
    Kepada Mbak Dea, mohon info lebih lanjutnya yang menjalani suntik Miningitisnya di Asrama Haji,,,,,,,Berarti di Pondok Gede yaa, kemudian:
    Apakah waktunya Senin s/d Sabtu ?
    Pas foto 4X6 1 lembar
    copy paspor
    Biaya Rp 305.000,-
    Mohon informasi mbak Dea………………
    Wassalam
    Ghazali Bakhtar

  4. Update terakhir (4 des 2015) utk melakukan suntik meningitis saat ini di Divisi Teknik KKP Halim Perdana Kusumah sudah dipindah ke Jl Jengki No. 45 Kp Makassar di Kantor KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Kelas I Bandara Soeta dan Halim Perdanakusuma Wilker Halim Perdana Kusumah.

    Tempatnya ga jauh koq dari Divisi Teknik cuma rada2 belok-belok aja tempatnya persis setelah Graha Intirub ada jalan kecil (mirip gang) nah ketika lihat banyak mobil parkir sudah ketahuan deh itu kantornya ga deket dr situ.

    Bagi yang sudah pernah suntik jangan lupa buku kuningnya dibawa ya.. (minimal ngurangi biaya buku Rp 25rb)

    Untuk pendaftar online treatmentnya rada beda nih.. setelah kita infokan bahwa kita pendaftar online, maka akan dicek dulu adakah di listing pendaftar online di hari tsb.

    Daftar onlinenya via http://www.kespel.depkes.go.id/simkespel/vaksinasi_int/vaksinasi_int_public/add

    Saat daftar online siapkan scan passport, isi form registrasi dengan memilih tempat layanan suntik di KKP mana, tanggal brp, lampirkan scan passport dan No. KTP serta alamat rumah dan alamat email utk mengkonfirmasi bahwa data anda sudah masuk, perlu waktu 3 hari dan dari notifikasi email tsb diprint aja jaga2 utk dilampirkan disaat hari suntik telah tiba.

    Saat hadir ke tempat KKP dihari suntik yg sudah kita pilih, kita langsung menyampaikan ke petugas bahwa kita pendaftar online, dan baru diminta mengisi form pendaftaran lagi.. siapkan juga foto 4×6 (1buah), fotocopy passport, lalu isi deh formulirnya.. siapkan uang bagi yg ingin mengulang meningitis (masa berlaku 2 th) harganya Rp 305rb (krn sdg ada buku jd Rp 280rb). Nah utk Influenza (masa berlaku 1 th harga 170rb. Semua biaya vaksin murni utk PNBP koq.. (Pendapatan Negara Bukan Pajak) insyaallah dari kita untuk kita lagi itu dananya dan ga ada dana lain selain dana tsb ya.. semua kelengkapan formulir yg sudah diisi, foto, fotokopi passport (diklip or pinjam steples deh sama petugas) lalu berikan semua kelengkapan ke petugas, dan nanti form pendaftar online dipisah sama yg daftar hari itu lgsg di KKP.

    Kisruhnya ruang tunggu jangan bikin komplain ya.. namanya juga layanan umum dan everyone get their own easiness to get Rumah Allah SWT..

    Saat pemanggilan peserta pendaftar langsung, semua terurut mulai dari ruang pemeriksaan di ruang 2, lalu jk ada yg mencurigakan (wanita misal ga ingat kapan tgl terakhir mens or dicurigai hamil diminta cek urin biayanya 30rb), sehabis itu diminta bayar utk suntik influensa diminta ke koperasi (mejanya persis sebelah loket BRI, atau ruang 3). Sehabis pembayaran di loket BRI (dan lumayan dr perkiraan yg 400rb per org x 4 jadi cuma 1.145 rb saja… padahal hampir saja ambil yg 1jt perorang krn melayani sabtu wedeww lgsg kepikiran blm gajian aja udah habis itu uang.. Modalnya berangkat jam 5 dan beres semua sampai dapat kartu kuning dgn cap pembaruan masa berlaku suntik jam 10.

    Jadi kuncinya:
    1. Daftar Online
    2. Pilih waktu
    3. Siapin semua dokumen dan dananya
    4. Berangkat pagi ya.. semua layanan ga terlalu dibuat susah (kalo masalah toilet ga ada airnya ya biasa musim kemarau panjang) makanya siapin tissu, tisu basah, or aqua.. insyaallah ketika sudah di rumah kan bs bersuci kembali.

    Semoga dilancarkan ya menuju ibadah di Rumah Allah SWT.. aamiin yra.

  5. Ingin Berbagi, Betul kata mbak nuning, daftar online lebih enak peyanannya, tidak pake nomor antrian. Saya mendaftarkan kedua orang tua saya 11 november 2015. Meskipun daftar online kita harus tetep dateng sebelum jam 6 pagi. Karena kita harus mengisi formulir lagi (daftar ulang)dan formulir ini tersedia HANYA 300 per hari. tempo hari formulir habis pukul 06.30. kemudian dipanggil satu-satu untuk ngambil nomor antrian, orang tua saya mendapat panggilan jam 08.30 (sementara itu, jam segini, non-online telah mencapai nomor antrian 90). Setelah dipanggil, kami masuk dengan bebasnya ke ruangan-ruangan yang diperlukan (Ruang dokter, BRI, ruang suntik) dan KAPANPUN selama masih dalam jam operasi hari itu. Kapanpun? Ayah saya datang terlambat, datang pukul 10.30 langsung masuk tanpa nunggu apapun keruangan-ruangan tersebut. Bikin iri! serasa pake calo!

  6. Apakah suntik maningitid berpengaruh tdp datang bulan perempuan, karena istri saya setelah suntik , hampir sebulan tdk dtg bulan padahal KB nya sterill. mhn berbagi ya..

  7. informasi saja.kalau dikkp halim penuhnya kalau abis haji dan biasanya harus datang pagi buat ambil formulirnya, karena batasnya 300 orang saja, dan sekarng mending kita bisa daftra online http://www.kespel.depkes.go.id …mudah caranya data..tunggu konfirmasi..print out,persyaratan bawa ft cpy passpor sana foto warna 4 x 6 1biji..klo manual lama prosesnya..klo online ada jadwalnya dateng jdi enak deh

  8. klo datang bulan atau tidaknya itu tanya bidan pak @dries…dan biasanya klo mau berangkat bagi wanita yg mau berangkat ada obat khusus yg harus diminum

  9. Ibu saya setelah melakukan kedua suntikan ini, merasa demam dan tulangnya pada sakit, pusing terus hingga mimisan.. Kenapa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s