Browser Ponsel Handal Untuk Akses Facebook

8130-facebookFBan lewat HP sekarang udah bukan hal yang jarang, semenjak FB jadi demam orang Indonesia. Ga sedikit banyak yang addicted sama FB, termasuk saya sendiri.

Ga bisa dipungkiri juga, gara-gara demam FB, penjualan HP berfitur internet jadi terdongkrak (sumber : majalah pulsa). Hampir semua ponsel dengan dukungan layanan data dan browser mobile bisa digunakan untuk akses FB. Contohnya kaya saya, ga perlu punya ponsel secanggih Bebe, Xperia, Nokia seri E, cukup SE W220i udah bisa C8, FBan, donlot MP3 dari waptrick, ampe posting blog di WP. Maklum gua Alhamdulillah ga gaptek, tapi ga punya gadget canggih. En, gua termasuk yang paling addicted sama internet. Jadi dari dulu, udah suka internetan lewat HP yang bisa dibilang low end, ga usah nunggu ada FB ato semacamnya.

facebook-small-logo-thumb-360x360-75537-thumb-300x300-78195Tapi, dari HP low end gua dan sebagian besar ponsel berfitur internet cuman mengakomodasi tampilan wap dan situs mobile, ya dalam hal ini http://m.facebook.com . Udah cukup reprensetatif siy, tapi masih banyak kekurangan. Ya iyalah namanya juga ponsel low end dan harganya masih murah.

Nah solusi utamanya menurut sumber yang gua baca kita musti beli ponsel yang rada gape sedikit buat nampilin halaman web (contoh : FB) secara penuh, biar fitur upload fotonya tampil. Kalo ponsel yang gua pake belon bisa, cuman bisa updet status, ngejunk di komen foto yang di-tag, baca inbox, approve temen, ama nyolek orang.

poke-meNah untuk ponsel yang punya browser bawaan kemampuan uplot masih mahal. Lagian browser bawaan ga banyak ngelakuin kompresi file jadi masih nyedot banyak pulsa kita. Buat ponsel gua ato ponsel lu-lu pade yang masih punya browser standar tapi gag nyedot pulsa banyak, mesti nambahin aplikasi pihak ketiga berupa browser web. Dan browser web ini buanyak banget cin di lingkungan ponsel. Jadi kita mesti cerdik milihnya.

Nih contohnya browser web pilihan yang bisa dibilang bagus dalam mengkompresi file:

  1. Opera Mini

OM ini bisa didonlot dari http://www.getjar.com/products/3334/OperaMiniWebbrowser .

OM nawarin kompresi file yang lebih efektif buat buka halaman web dan saat ngebukanya kerasa lebih mudah di layar ponsel. OM tersedia untuk ponsel-ponsel java dan bersifat gratisan.

Note: kalo di ponsel gua sendiri belon ada jadi mesti donlot, dan hal inilah yang belon gua lakuin ampe sekarang, cz kata sepupu gua, katanya tetep ajah banyak nyedot pulsa even cepet aksesnya. (mungkin dulu kali ye…..waktu jamannya akses internet masiy mahal)

Khusus untuk FB, browser ini mampu nampilin halaman FB dengan baik. Tapi kita mesti utak-atik sedikit (bisa dibilang sedikit lah) sejumlah parameter yang berhubungan ama tampilan. Kaya ukuran font, kualitas gambar, efek layar dasar, dsb. (dikit lah ya..)

2. UCWEB

Pasti untuk yang awam en baru pake internet ponsel, pasti masih jarang denger browser ini. Browser ini diperkenalkan di Cina, dan dapet tanggepan baik dan waktu yang ga lama. Sama kaya OM, browser ini ngelakuin kompresi file yang efektif. Kamu bisa donlot di http://www.ucweb.com/english/index.shtml .

UCWEB sendiri udah mencapai versi 6.3 dengan memiliki kelebihan pada tampilan yang menarik serta tanpa settingan awal yang negbingungin kaya OM.

Kelebihan lainnya : kecepatan donlot yang lebih dari OM. Hal ini bisa sumber gua bilang saat ngerasain saat melihat halaman penuh dengan gambar. Bahkan dibandingin OM saat akses situs mobile bukan web loh ya. Gitu juga saat uplot foto di FB, aksesnya cepet juga. Tapi sayang belon gua review dari segi sedot-sedotan pulsanya (maaf ya pembaca).

3. TeaSHARK

Yang ini merupakan browser web buat ponsel yang bisa dibilang cukup ringan. Ukurannya kecil tapi ga kalah hebat, makanya disaranin buat jadi pilihan alternatif. Bisa didonlot di http://www.teashark.com/index.html ato langsung ajah ketik http:??wap.teashark.com dari browser ponsel.

Sama kaya yang lain, teaSHARK ngelakuin rendering halaman web biar bisa ditampilin sama baiknya di layar ponsel. Tentu ajah ada proses kompresi dsb. Sayangnya proses kompresinya masih dibawah UCWEB dan OM. Hal ini bisa diliat dari halaman situs web yang masih berukuran besar ( setar dengan yang ditampilin di layar monitor…weleh…weleh….). Akibatnya halaman situs ga bisa terlihant dalam tampilan penuh kecuali jika di zoom out.

Nah jadi mana yang paling baik???

facebook-canada

Kesimpulan : ternyata UCWEB is the best for FB access.

Alasannya : kompresi file yang efektif, ga perlu nyeting di awal browser yang bikin sebel, dan cepetnya uplot dan donlot file dibandingin yang lain.

Bagusnya lagi, UCWEB memiliki mobile donlot manager kaya browser komputer, selain untuk nampilin situs web dan uplot gambar, UCWEB juga bisa diandelin buat donlot file berukuran besar.

Nah selain FB juga halaman web lainnya juga bisa dibuka dalam kondisi yang oke. Asalkan masih dalam format tampilan yang sama-sama web.

Semoga bermanfaat…..

3 thoughts on “Browser Ponsel Handal Untuk Akses Facebook”

  1. HATI-HATI DENGAN PESAN YANG ANDA DAPAT!

    Sebuah Pesan muncul pada sebuah ponsel.

    Nang Ning Nang Gung. Namaku Putri, usiaku 7 tahun. Tahun 1967 keluargaku tewas dibantai. Aku tewas saat memeluk boneka. Temani aku malam ini. Jika tidak mau, kirim pesan ini ke tujuh nomor lain.

    Apabila pesan tersebut tidak disebarkan, maka kematian akan mengancam si pemilik ponsel. Sebut saja Jo, ia baru saja menerima pesan tersebut, namun ia tidak mengindahkannya. Tak lama kemudian, ia melihat ada boneka di sekitarnya, padahal ia tak pernah melihat benda itu ada di rumahnya. Ia pun seketika mati misterius tanpa ada penyebabnya. Polisi menutup kasus yang menyisakan tanda tanya besar bagi orang-orang terdekat dan mereka yang pernah melihatnya.

    Seseorang dari Jogja pun mengalami nasib yang sama. Ia pun suatu malam mendapatkan sms seperti demikian. Pertama kalinya, ia juga tak mengindahkan. Namun, saat dia sedang mengambil minum di lantai bawah, ia menemukan potongan tangan! Tangan boneka. Ia pun tak pernah memiliki mainan bernama boneka. Terlebih dia adalah penggemar musik rock. Ia pun mulai ketakutan dan mulai menyebarkan sms tersebut ke tujuh nomor lain, tapi apa yang terjadi…semua pending. Tiba-tiba ada sebuah pesan masuk lagi ke dalam ponselnya: sudah terlambat, temani aku! Tak perlu kuceritakan betapa mengenaskan kematiannya.

    Selamatkan diri kita dan orang-orang terdekat dari salah satu sisi negatif perkembangan teknologi, terutama ponsel. Lebih detailnya buka http://tokoebook.com/index.php?main_page=product_info&cPath=1&products_id=10

    Lubis Grafura
    http://www.lubisgrafura.co.cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s