CIA Pake Serangga Untuk Interogasi Teroris

dari detik.com

Washington – Metode kekejaman interogasi oleh badan intelijen AS, CIA kembali terkuak. CIA ternyata pernah menggunakan metode penggunaan serangga saat menanyai tersangka teroris. Metode itu disetujui oleh mantan Presiden AS George W Bush.

Namun Presiden AS Barack Obama mengatakan, para petugas CIA yang melakukan metode interogasi seperti itu tidak akan diadili. Alasannya, menurut Obama, mereka bertindak atas perintah semata.

“Ini waktu untuk refleksi, bukan ganti rugi,” kata Obama seperti dilansir AFP, Jumat (17/4/2009).


“Kita telah melalui bab gelap dan menyakitkan dalam sejarah kita. Tapi… tak ada yang akan diperoleh dengan menghabiskan waktu dan energi kita dengan menyalahkan masa lalu,” imbuh Obama.

Dalam memo CIA terungkap, para interogator CIA menanyakan apakah menaruh serangga tak berbahaya dalam kotak bersama tersangka teror Al Qaeda Abu Zubaydah setara dengan penyiksaan. Di memo tersebut disebutkan bahwa teknik tersebut “tentunya tidak menimbulkan nyeri fisik” dan karena itu tak bisa disebut sebagai penyiksaan.

Dalam memo tersebut disebutkan bahwa Zubaydah memiliki fobia serangga sehingga teknik serangga itu perlu diterapkan padanya. Tidak disebutkan serangga apa yang digunakan.

Fakta ini menambah panjang daftar metode interogasi diam-diam yang dilakukan CIA selama pemerintahan Bush. Oleh para pengkritik, program interogasi yang diperkenalkan setelah serangan teroris 11 September 2001 dianggap sama dengan penyiksaaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s