Tips memilih, Menggunakan dan Merawat Lensa Kontak

1. Sebelum memutuskan untuk memakai lensa kontak, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter mata. Dokter akan memilihkan lensa kontak yang cocok sesuai dengan keadaan mata Anda dan sesuai dengan kebutuhan baik itu dsari segi medis maupun kosmetik.

2. Pilihlah lensa kontak yang memiliki kandungan air sesuai dengan kondisi mata Anda. Tujuannya agar penyerapan oksigennya lebih baik sehingga meminimalisir efek samping seperti iritasi.

3. Gunakan lensa kontak sesuai dengan aturan-aturan yang diberikan oleh doter dan produsen. Jangan menggunakan lensa kontak lebih lama dari masa kadaluarsa yang diberikan produsen. Sesuaikan pula penggunaannya dengan tempat dan kegiatan yang akan Anda lakukan.

4. Perhatikan masalah kebesihan dan higienitas dan lensa kontak Anda. Masalah ini yang paling banyak menimbulkan reaksi seperti alergi. Ganti cairan perendam paling tidak tiga hari sekali karena cairan perendam adalah tempat berkumpulnya kuman-kuman. Bersihkan pula lens case-nya setiap minggu dengan air hangat dan dikeringkan sengan lap bersih.

5. Setiap melepas lensa kontak dari mata, sebelum disimpan dalam lensa case-nya, bersihkan dan bilas dengan cairan pembersih dengan seksama.

6. Lakukan kontrol setiap enam bulan sekali ke dokter mata agar reaksi – reaksi yang timbul akibat pemakaian lensa kontak bisa segera diatasi oleh dokter.

Sumber: tabloid Genie edisi02-tahun ke-V, 23-29 Juni 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s