Obama, Kandidat Presiden Kulit Hitam Pertama Partai Demokrat

Barack Obama menjadi warga kulit hitam pertama yang meraih nominasi presiden dari partai Demokrat. Rival senator Illinois itu, Hillary Rodham Clinton, dilaporkan segera mengisyaratkan ketertarikannya untuk bergabung sebagai kandidat wakil presiden Obama.

Menurut laporan yang diterima oleh The Associated Press, Obama berhasil meraih nominasi lewat kemenangan di beberapa pemilihan pendahuluan, kaukus Demokrat, serta deklarasi publik delegasi, dan dukungan tambahan 22 delegasi serta delegasi super yang telah menyampaikan dukungan secara pribadi. Dibutuhkan 2.118 delegasi untuk mencapai nominasi Demokrat.

Dalam suatu kampanye, Hillary menyampaikan komentar yang mengejutkan dengan menyatakan minat bergabung dengan Obama sebagai calon wakil presiden untuk menghadapi nomine Republik John McCain dalam pemilihan presiden AS, November mendatang. Salah satu anggota delegasi kongres New York, Lydia Velasquez, menyatakan, Hillary yakin cara terbaik bagi Obama memenangi dukungan di kalangan warga Hispanik serta kelompok pemegang hak suara lainnya adalah dengan menggandeng mantan ibu negara AS itu sebagai wakilnya. Menurut Lydia Velasquez, Hillary membuka diri untuk bergabung dengan Obama apabila hal itu dapat menunjang prospek Demokrat di pemilihan presiden AS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s