EMC (Electromagnetik Compatibility)

EMC mempunyai definisi sederhana yaitu toleransi gelombang elektromagnetik yang diijinkan yang ikut terpancarkan ketika sebuah modul elektronik berfungsi. Terjadi demikian karena semua peralatan elektronik — termasuk peralatan telekomunikasi — mengeluarkan emisi elektromagnetik. Emisi elektromagnetik ini dapat berasal dari dalam peralatan elektronik itu sendiri atau dari luar peralatan elektronik yang merambat secara radiasi atau pun konduktansi.

Menurut definisi SNI, kompatibilitas elektromagnetik (EMC : Electromagnetic Compatibility): Kemampuan peralatan atau sistem untuk berfungsi secara memuaskan dalam lingkungan elektromagnetik tanpa menimbulkan gangguan elektromagnetik yang tidak dapat ditoleransi yang ada dalam lingkungan tersebut.

Batas ambang kadar EMC di Indonesia berdasarkan SNI yang mengacu pada IEC dan tingkat kompatibilitas elektromagnetiknya terdefinisi menurut SNI adalah tingkat gangguan elektromagnetik maksimum yang akan diterima pada gawai (device), peralatan atau sistem yang dioperasikan dalam kondisi tertentu.

Jenis dan level gangguan yang terjadi akibat kelebihan kadar EMC tergantung pada kondisi tertentu pada sistem, subsistem atau peralatan yang beroperasi.

Berdasarkan publikasi dasar IEC untuk mencakup gejala elektromagnetik yang paling penting yang dapat mempengaruhi perangkat elektronik dalam berbagai instalasi; tabel yang sama memberikan kriteria penerapan setiap pengujian untuk sejumlah tertentu subsistem atau komponen yang merupakan bagian dari sistem.

Berbagai komponen sistem elektronik dapat juga menjadi sumber gangguan elektromagnetik dalam jangkauan frekuensi yang lebar, yang mungkin dihantarkan melalui saluran daya dan saluran sinyal atau radiasi langsung yang mempengaruhi kinerja komponen lain dari sistem atau mempengaruhi lingkungan elektromagnetik di luar sistem.

Pengukuran EMC dilakukan pada suatu ruangan yang bernama chamber untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s