Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah Melalui:Seleksi, Deteksi, Idenifikasi, dan Pelaporan

Salah satu persyaratan utama peraturan dan Undang-Undang Anti Pencucian Uang adalah agar Bank menerapkan kebijakan penerimaan Nasabah. Dalam hal ini berarti bank harus merancang suatu mekanisme untuk mengidentifikasi berbagai jenis nasabah yang memiliki risiko dan kemungkinan yang lebih tinggi dalam melakukan pencucian uang. Identifikasi jenis Nasabah tersebut harus berdasarkan atas beberapa faktor risiko. Bank juga harus memperhitungkan berbagai risiko lain yang sesuai dengan spesialisasi bidang usaha atau fokus usaha Nasabah.

Oleh karena itu, Bank dalam penerimaan Nasabah harus selalu menerapkan prinsip Know Your Customer:

Seleksi:

Memperoleh keyakinan bahwa calon Nasabah memberikan informasi yang benar dengan cara mengamati dan mencermati informasi serta perilaku calon Nasabah dalam memberikan keterangan alasan berhubungan dengan bank dan sesuai dengan pernyataan pada saat pembukaan rekening.

Deteksi:

Mencermati lebih dalam lagi terhadap calon nasabah melalui wawancara dengan tatap muka minimal 1 kali.

Identifikasi:

Meyakinkan terhadap kelengkapan dokumentasi dan pengisian formulir aplikasi pembukaan rekening telah selngkap serta benar dengan cara melakukan verifikasi terhadap dokumen kelengkapan pembukaan rekening dan pengisian formulir aplikasi pembukaan rekening yang dibandingkan dengan penjelasan alasan pada saat pembukaan rekening.

Pelaporan:

Melaporkan segera apabila menemui perilaku Nasabah yang tidak wajar atau pola transaksi yang menyimpang dari dari profil kepada tugas AMLO (Anti Money Laundering) di cabang untuk diteruskan kepada AMLO kantor pusat.

Dikutip dari: LBvoice Edisi April-Mei 2008 Sumber dari UKPN (Unit Kerja Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah) Menara Asia Lt.5 Tlp. 021-5460666/555 Ext:55071 s/d 55079 Fax.021-5460386

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s