Antena Cerdas (Smart Antenna)

Dari www.wikipedia.org/wiki/smartantenna/

Saya coba terjemahkan dengan bahasa saya sendiri, semoga bermanfaat

Antena Cerdas

Antena Cerdas atau Smart Antenna (bisa dikenal sebagai antenna array adaptive, antena multiple dan akhir-akhir ini biasa dikenal sebagai MIMO) adalah antena array dengan algoritma sinyal prosesing cerdas digunakan untuk mengenali tanda sinyal spasial seperti DOA (Direction of Arrival) dari sebuah sinyal, dan digunakan untuk mengkalkulasikan (memperhitungkan) vektor beamforming, untuk mengenali lokasi dari beam suatu antena pada keadaan mobile/bergerak serta terdapat sensor pada antena ini.

Teknik antena cerdas biasanya digunakan pada prosesing sinyal akustik, memantau dan memindai RADAR, radio astronomi, dan radio teleskop, dan lebih banyak digunakan pada sistem seluler seperti W-CDMA dan UMTS.

Fungsi utama antena cerdas ada dua yaitu:

1. Perkiraan (estimasi) DOA

2. Beamforming

Di 2008, United States National Telecommunications and Information Administration memulai sebuah percobaan utama untuk persuade consumer dalam purchase box konverter televisi digital. Melalui this effort, banyak orang telah terekspos pada konsep dari antena cerdas untuk pertama kalinya. Pada konteks konsumen elektronik, sebuah antena cerdas adalah salah satu yang conforms pada interface standar EIA/CEA-909, seperti model DTA-5000 yang dipasarkan oleh Sylvania.

Estimasi DOA

Sistem antena cerdas yaitu memperkirakan arah kedatangan dari sebuah sinyal, menggunakan teknik-teknik berikut seperti: MUSIC (Multiple Signal Classification), algoritma ESPRIT (Estimation of Signal Parameters via Rotational Invariant Techniques), metode pensil matriks atau salah satu dari turunan-turunan teknik tersebut. Fungsi dari teknik-teknik tersebut adalah mencari spektrum spasial dari sebuah antena/sensor array, dan menghitung DOA dari puncak spektrum. Perhitungan ini secara intensif terkomputerisasi. Metode pensil matriks sendiri sangat efisien untuk penggunaan sistem real time.

Beamforming

Beamforming adalah sebuah metode yang digunakan untuk membuat pola radiasi dari antena array dengan cara menambahkan konstruksi dari phasa sebuah sinyal pada arah target yang menginginkan bergerak, dan nulling poladari target yang interfering target. Hal ini dapat dikerjakan dengan baik dengan menggunakan FIR sederhana yang tapped jalur delay filter. Besar dari filter FIR akan terganti secara adaptive, dan digunakan untuk menyediakan beamforming yang optimal, dan mengurangi MMSE antara yang diinginkan dengan pola beam yang terbentuk. Jenis algoritma-algoritma ini adalah steepest descent dan algoritma LMS.

Tipe Antena Cerdas

Ada dua tipe antena cerdas:

1. Switched beam smart antennas

Mempunyai beberapa pola beam yang telah pasti. Sebuah keputusan dibuat untuk mengakses pada titik manapun pada suatu waktu, tergantung juga dari permintaan sistem (kebutuhan sistem).

2. Adaptive array smart antennas

Antena ini memperbolehkan steer the beam ke arah manapun pada arah yang diinginkan di saat nulling interferensi sinyal secara simultan.

Sistem antena cerdas mendefinisikan sebuah sistem MIMO, seperti pada standar IEEE 802.11n. Secara konvensional, sebuah antena cerdas adalah sebuah unit dari sistem komunikasi nirkabel dan menunjukkan prosesing sinyal spasial dengan multiple antena. Multiple antena tidak dapat digunakan pada transmitter juga receiver. Tetapi saat ini, teknologinya lebih berkembang, sekarang dengan multiple antena dapat digunakan di transmitter dan di receiver, sistem ini dinamakan multiple input – multiple output (MIMO). Sebagai dari perlebaran aplikasi antena cerdas, MIMO mendukung pemprosesan informasi spasial, jikalau dahulu antena cerdas hanya memfokuskan dalam penyediaan keuntungan dari beamforming dengan menggunakan pemprosesan sinyal spasial di kanal nirkabel. Pemprosesan sinyal spasial terdiri dari pengkodean informasi spasial seperti multiplexing spasial dan Kode diversity seperti halnya beamforming.

5 thoughts on “Antena Cerdas (Smart Antenna)”

  1. Halo, mas, saya mau bertanya2 tentang antenna cerdas ini gimana ya? hitung2 belajar untuk tugas akhir saya mas, thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s