Tempat Belajar Badien

Love to share…Love to Inform

Kekuatan dan Rahasia Zikir

Tips Fokus Dalam Berzikir

Apakah anda seorang yang susah fokus karena suka memikirkan hal lainnya dalam melaksanakan niat wudhu, saat sholat, dan juga saat zikir? Sehingga harus mengulangnya hingga beberapa kali?

Berikut jawaban Ustadz Ilham dalam hal ini:


“Mulailah sungguh-sungguh mempelajari Islam dengan konsisten (Istiqomah), bergaullah dengan orang-orang soleh, dan mulailah taat kepada Alloh dengan kesungguhan. Hayati firman Alloh SWT dalam Q.S Al-Ankabut [29]:69 yaitu “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridoan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Alloh beserta orang-orang yang berbuat baik.” Dan teruskanlah berzikir dan memahami setiap lafadz zikir bila dalam pelaksanaannya masih saja hati kita belum ikut berzikir tetapi hanya lisan saja yang berzikir. Insya Alloh hati pun nanti ikut berzikir. Batu pecah bukan karena pukulan ke seratus kali, tetapi karena terus-menerus dipukul. Dengan tekad kuat, kesungguhan serta istiqomah, Insya Alloh, Alloh akan melembutkan hati kita.”

Zikir Ketika Haid

Boleh berzikir dalam keadaan berhadas, junub, atau haid sekalipun, tetapi jauh lebih baik bila dalam keadaan suci (berwudhu). Alloh menyukai hamba yang gemar menyucikan jiwa dan raganya (Q.S Al-Baqoroh [2]:222 “Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor” Karena itu jauhilah istri waktu haid; dan jangan kau dekati mereka sebelum mereka suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan oleh Alloh kepadamu. Sungguh, Alloh menyukai orang yang taubat, dan menyukai orang yang menyucikan diri.” Dengan berwudhu kembali Insya Alloh, Alloh akan melipat gandakan kebaikan juga dan melatih kesabaran. Haid tidak menghalangi seseorang untuk berzikir, bahkan pada saat itu seorang wanita dianjurkan untuk memperbanyak zikir agar mampu menjaga stabilitas emosinya. Di antara manfaat zikir adalah menciptakan ketenangan dan mendorong rasa bersyukur atas nikmat Alloh. Zikir yang boleh dilakukan adalah dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an Al-Karim yang biasa dibaca sebagai zikir harian (seperti zikir ma’tsurat) atau lafadz-lafadz yang bersumber dari hadis-hadis Rasululloh SAW. Tetaplah mendengarkan pengajian-pengajian baik melalui seorang guru langsung atau pun melalui kaset.

Zikir Agar Iman Tidak Loyo

Rasululloh SAW mengingatkan, “Perbaharuilah iman kalian dengan mengucapkan Laa ilaaha illallah.” Dengan berusaha menghayati bahkan sampai tenggelam di dalamnya. Insya Alloh semangat keimanan akan meninggi kembali. Peliharalah keimanan dengan jalan istiqomah dalam beraqidah, beribadah, dan berakhlakul karimah. Datangilah majelis zikir, majelis ilmu, dan bergaullah dengan orang-orang yang lebih baik dari kita.

Menyebut Asma Alloh Untuk Suatu Keperluan

Zikir apa yang dapat dilakukan saat sedang dalam perjalanan atau sedang berjalan, dan apakah menyebut salah satu asma Alloh untuk keperluansesuatu disebut berzikir?

Biasakanlah memelihara wudhu dan memperhebat istigfar. Rasululloh SAW bersabda “Barang siapa yang biasa membaca istigfar, maka Alloh akan menjadikan (memberikan) jalan keluar baginya dari segala kesempitan, dan memeberikan kesenangan dalam segala kesusahan, serta memebrinya rezeki dari arah yang tidak ia duga.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad). Dan tidak perlu meneyebut nama Alloh hanya karena sesuatu keperluan. Berzikirlah sebanyak-banyaknya (Q.S Al-Ahzab [33]:41 “Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Alloh, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya.”

Zikir Agar Hati Lembut dan Lapang

Bagaimana cara membantu bila pasangan/ teman/ kerabat berhati keras, bila dicuekin orang, ikut-ikutan membalas dengan cuek juga agar menjadi lembut dan lapang untuk memaafkan kesalahan orang lain?

Kebencian tidak akan sirna dengan balasan benci. Alloh saja memiliki sifat Maha Pemaaf dan Pengampun (Q.S Al-Hajj[22]:60 “Demikianlah dan barang siapa membalas seimbang dengan (kezaliman) penganiayaan yang pernah dia derita kemudian dia zalimi (lagi), pasti Alloh akan menolongnya. Sungguh, Alloh Maha Pemaaf, Maha Pengampun.”. Teladanilah sifat Alloh SWT dengan memahami-Nya melalui asmaul husna. Rasululloh SAW yang menerima hujatan luar biasa selalu berdoa, “Ya Alloh ampuni aku jika yang ia katakan itu benar dan ampunilah apabila yang ia katakan itu salah.” Akhlak rupawan, saling menasehatilah dalam kebenaran dan kesabaran (Q.S Al-‘Ashr[103]:3 “kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.”

Zikir Agar Kuat Dalam Mengingat Hafalan Al-Qur’an

Zikir apa yang harus diamalkan agar tidak cepat lupa dalam menghapalkan Al-Qur’an dan tidak cepat mengantuk?

Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Usman bin Affan ra, “Kelak Al-Qur’an akan menjadi syafi’ (penolong) bagi sahabat-sahabatnya. Oleh karena itu, bacalah Al-Qur’an.” Kesungguhan dan keistiqomahan adalah pangkal kekauatan. Insya Alloh, Alloh akan bantu kita yang mempunyai niat dalam berhapal Al-Qur’an, sebagaimana diisyaratkan dalam Q.S Al-‘Ankabut [29]:69, “.”

Bermuhasabahlah dengan orang-orang yang dapat memacu hapalan kita. Ada kemauan untuk mendengar dan didengarkan. Seringlah mengulang-ulang (tikrar) serta jangan lupa banyak berdo’a kepada Alloh agar diberi kemampuan menjaga ayat-ayat-Nya. Agar tidak cepat mengantuk, jagalah kebugaran fisik dengan olahraga teratur dan gizi yang baik. Berikan hak anggota tubuh kita sebagaimana mestinya, demikianlah sunatulloh.

Zikir Untuk Kemudahan Belajar

Zikir apa yang harus diamalkan agar mata pelajaran/ mata kuliah mudah dipahami dan dimudahkan agar lulus ujian akhir?

Tiada ilmu bagi kita, kecuali apa yang Alloh ajarkan. Dialah sumber ilmu dan hikmah. Kurang lebih demikian ungkapan malaikat dalam Q.S Al-Baqoroh [2]:32, “Subhanaanakaa laa ‘ilma lanaa illaa maa ‘allamtanaa innaka antal ‘aliimul hakiim.”

Berdoalah kepada Alloh sebelum dan seusi belajar. Banyak-banyaklah bangun malam dan Carilah waktu dan tempat yang tepat untuk belajar seperti tengah malam seusai tahajud,dan membaca isti’adzah (Q.S Al-Mu’minun [23]: 97-98, “Dan katakanlah , “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, agar mereka tidak mendekati aku.”” serta bacalah asmaul husna, karena dengan Asmaul Husna, Insya Alloh doa kita diterima (Q.S Al-A’raf[7]: 180, “Dan Alloh memiliki Asma’ul Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Ama’ul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapatkan balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.”).

Dan ingat bahwa nilai prestasi yang sebenarnya bukan hanya dalam hitungan angka atau huruf, melainkan bagaimana kegunaan dan faedah ilmu tersebut. Itulah yang disebut hikmah.

Zikir Untuk Hafidz Al-Qur’an

Doa yang nabi ajarkan : Rabbi ainni alla dzikrika wa syukrika wa husni ibadatik (ya Alloh, ya Tuhanku, karuniakan hamba untuk berzikir kepada-Mu dan mensyukuri nikmat-Mu dan perbaiki ibadahku).

tulisan ini saya kutip langsung dari buku Rahasia Zikir karya Ustadz Arifin Ilham yang diterbitkan bersama majalah Hidayah Edisi-90

2 responses to “Kekuatan dan Rahasia Zikir

  1. freeda Mei 29, 2009 pukul 12:58 am

    copas ya mbak.. syukron katsir..

  2. admin Mei 29, 2009 pukul 2:20 pm

    saya ketik lagi, kalo jawaban saya kutip langsung, begitu pula yang artikel 1.

    sama-sama
    semoga membantu

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.